Cari Blog Ini

Gambar tema oleh A330Pilot. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Fakta Persalinan Sectio Caesarea



Mak, ngacung dong yang pernah meraskan persalinan melalui operasi caesar! Dan hanya mak-emak yang pernah menjalaninya aja yang tau rasanya😨😨.
Namun, hingga detik ini masih saja ada orang yang nyinyir "Ah, kenapa coba harus caesar kalau masih bisa diusahakan normal." , "Ah, lahiran cesar gak merasakan seutuhnya jadi ibu dimana harus berjuang melawan kontraksi.'' Daaan banyak lagi nyinyiran lainnya. Mirisnya lagi, tuh nyinyiran datangnya dari orang terdekat, keluarga sendiri. Bukannya mendukung pemulihan, malah nyinyir, nyesek pasti.


Beberapa fakta tentang persalinan melalui sectio caesarea yang saya rasain sendiri dan efek jangka panjangnya yang aku rangkum dari pengalaman senior.
1.     Anastesi spinal
Sebelum operasi berlangsung, dokter akan menyuntikkan obat bius ditulang belakang tujuannya agar sebagian tubuh dari mulai perut hingga kaki mati rasa. Namun, masih bisa merasakan ketika bagian tubuh yang terkena dampak anastesi disentuh. Rasanya tuh kayak dicubit-cubit tapi kebas padahal sebetulnya sedang disayat-sayat😁😁. Saya juga masih mendengar percakapan dokter dan para perawat, saat itu mereka lagi bahas pesawat lionair yang jatuh ditanjung karawang, ingin rasanya nimpali, "Saya juga tiap mudik pake lion Dok, tapi nanti gak mau lagi, ngeri. Takut mati dengan jasad gak ditemukan😖😖". Tapi, lagi lagi hanya bisa terucap dalam hati karena suara juga gak bisa keluar.

Efek dari anastesi ini saya merasakan kelelahan yang amat sangat, berkali-kali berusaha menggerakkan kaki ingin lari saja dari ruang operasi tapi apa daya rasanya seperti ditindih mahluk gaib seberat 1000 ton😂😂
Efek jangka panjangnya, gak boleh lagi angkat-angkat barang berat karena sakit punggung/pinggang akan mendera secara tiba-tiba. Gak lagi bisa jadi samson angkat galon😔😔.
2.     Disalib
Sebagai muslim, disini bisa merasakan sensasi disalib. Kalo dulu hanya lihat penyaliban di gambar-gambar atau patung, sekarang ngerasain sendiri saat kedua tangan harus direntangkan kesamping kemudian diiket dan tentu sensasi ini hanya pernah dialami oleh mak-emak yang pernah melakukan kuretase atau caesar😄😄.

3.     Perut dibelek dan dikobok-kobok
Yang namanya operasi pasti lah yaa dibelek, dan sesinya gak berasa sama sekali taunya udah denger aja suara baby jejerit nangis. Tapi, tanpa pengaja mata menatap keatas kelampu operasi, disana terpantullah bayangan ketika perut diobok-obok😖😖 aseli saya merinding disko dan segera mengalihkan pandangan. Disini ngebuktiin para emak caesarian adalah wanita pemberani, berani mengahadapi dan melewati operasi yang penuh resiko seorang diri. Padahal, operasi caesar termasuk dalam operasi mayor atau besar.

4.     Kembali seperti bayi
Ini adalah fase yang paling menyakitkan, selain merasakan nyeri hebat selepas pengaruh anastesi hilang, keadaan kembali seperti bayi yang hanya bisa tidur terlentang dan menahan panas punggung. Lalu sedikit demi sedikit diajarin tidur hadap samping kiri dan kanan, diajarin duduk, berdiri sampai diajarin jalan. Ngelap badan, pake celana dalam dan sebagainya dilakukan dengan bantuan suster. Bayi banget kan?
Apalagi ngurus orang lain, ngurus badan sendiri aja susahnya cyiin😥😥.

5.     Kentut, kenikmatan haqiqi
Kata dokter, selepas menjalani operasi dibagian perut, dalam 24 jam pasien wajib buang angin atau kentut. Dengan adanya kentut menandakan bahwa sistem pencernaan pasien tersebut sudah kembali normal, meskipun operasi dilakukan pada sistem reproduksi tapi, antara sistem pencernaan dan repsoduksi itu letaknya bersebelahan jadi tentu akan saling berpengaruh.
Nah, saya tuh ternyata belum bisa kentut hingga 24 jam tetapi, sudah dibolehin makan sih, makannya baru yang lembeklembek aja. Karena kentut yang gak bisa keluar, perut pun jadi kembung dan bunyi ketika diketuk-ketuk. Jadi gak bisa bohong lah sama dokter kalo belum kentut
😁😁.
Dokterpun meresepkan obat perangsang agar bisa mengeluarkan kentut, obat tersebut disuntikan ke infus. Daaan luwar biyasa, tuh obat meskipun gak masuk melalui mulut tapi rasa dan baunya menari-nari diarea mulut, huek banget deh gak enak aseli. Sesuai fungsinya, bau dan rasanya gak kalah dari bau kentut😖😖begitupun efek ke badan, keringat jadi super bau.
Setelah obat itu masuk, perut mulai terasa mules-mules ingin ngeluarin angin tapi, Masha Allah susahnya. Ternyata tidak ada hal yang jauh lebih susah dan menyakitkan selain ingin kentut tapi gak keluar-keluar.
Kedua kalinya suster menyuntikkan obat yang sama, disini aku melas-melas, "udah dong Sus, jangan kasih obat itu lagi. Aku janji habis ini aku pasti kentut" pintaku penuh harap. Tapi apalah daya suster hanya menjalankan tugas, tetap saja cairan itu disuntikkan dan kembali pula mulut dan badanku bau kek kentut😖😖.

Maka tak heran, fakta mengatakan wanita yang lahiran secara caesar lebih rentan mengalami baby blus bahkan depresi pasca melahirkan. Selain banyaknya pertanyaan, argumen dan mitos-mitos yang menghujam, proses pemulihan juga sangat mempengaruhi kestabilan emosi. Persalinan caesar membutuhkan waktu minimal 4-6 minggu untuk pemulihan dan rasa nyeri didaerah operasi yang datang pergi selama kurang lebih 1 tahun. Bagi sebagian emak-emak yang terbiasa dengan padatnya rutinitas, kemudian harus kembali seperti bayi atau anak kecil selama beberapa minggu itu tentu sangat mengganggu kewarasan.

Yug stop nyinyir dan dukung penuh istri, kerabat yang baru saja melahirkan baik melahirkan secara normal maupun operasi

Tidak ada komentar

Foods

Pengikut